Jumat, 18 Maret 2011

Permainan Petak Umpet

Permainan Petak Umpet

Permaian petak umpet sangat terkenal di seluruh Nusantara. Merupakan permainan yang paling legendaris. Meskipun dengan nama yang berbeda – beda dan sedikit dimodifikasi tetapi intinya semakin banyak yang main semakin asyik. Nama lain dari petak umpet ada dhelikan, jethungan, jilumpet, jepungan, Ta' Umpet dan ternyata di Papua juga ada dengan nama yangoyango.
pertama-tama mengumpulkan lebih dari tiga orang untuk ikutan dalam permainan ini. Karena satu orang akan jadi ’yang jaga’, yaitu yang harus mencari yang pada ngumpet. Jadi cari orang sebanyak-banyaknya Kalo yang ngumpet cuma dikit kan nggak seru, nanti permainannya cepet selesai. Sebelum bermain, biasanya seluruh pemain melakukan Hompipa untuk menentukan siapa yang mencari dan siapa yang bersembunyi. Yang mencari akan menghitung apada hitungan yang ditetapkan. Dan yang bersembunyi akan bersembunyi sejauh mungkin. Jika menemukan pemain lainya ia akan berlari pada daerah tempat ia melakukan hitungan tadi dan menyebut nama pemain yang ditemukan tadi.

Yang paling seru adalah ketika si penjaga akan mencari pemain lainnya. Biasanya ia akan meninggalkan tempat jaganya. Dan teman yang bersembunyi akan keluar dan menyentuh tempat tadi, lalu mengucapkan jipung........ Maka si penjaga kan mengulang lagi pencarian. Bila semua pemain telah ditemukan maka yang menjadi penjaga adalah orang yang ditemukan pertama. Cara yang lain di adakan pemilihan yaitu dengan si penjaga menghadap kearah tempat menjaga kemudian yang tadi di tangkap atau ditemukan oleh penjaga berdiri di belakangnya, lalu si penjaga menyebutkan nomor urut yang berdiri di belakanganya, bagi yang terpilih maka ia harus menjaga. Ermainan terus berlanjut.............. semakin menegangkan............ semakin capek............. eh..tiba-tiba udah petang...pulang dulu besoklagi ya!!!!!!!!!!!

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda